web site hit counter

Judul Skripsi Radiologi

Judul Skripsi Radiologi

Judul Skripsi Radiologi Untuk para mahasiswa khususnya yang akan menyelesaikan skripsi sebagai persyaratan meraih Sarjana dengan konsentrasi Radiologi dapat menjadi referensi dan membantu para mahasiswa dalam penyusunan skripsi.

Judul Skripsi Radiologi
Judul Skripsi Radiologi

Pengertian Radiologi

Radiologi adalah ilmu kedokteran untuk melihat bagian rama tubuh manusia menggunakan pancaran atau radiasi gelombang, baik gelombang elektromagnetik maupun gelombang mekanik. Pada awalnya frekuensi yang dipakai berbentuk sinar-x (x-ray) namun kemajuan teknologi modern memakai pemindaian (scanning) gelombang sangat tinggi (ultrasonic) seperti ultrasonography (USG) dan juga MRI(magnetic resonance imaging).

Peralatan Yang Digunakan

  • Peralatan Pemancar Gelombang, di mana peralatannya memancarkan gelombang (memiliki generator pemancar gelombang):
    • CT Scan, memancarkan gelombang radioaktif
    • PET Scan, memancarkan gelombang radioaktif, dapat mendeteksi fungsi organ
    • USG, memancarkan gelombang ultrasonik, paling murah dan paling aman, tetapi tak dapat mendeteksi lambung, usus atau bagian tubuh lainnya yang mengandung gas
    • MRI, memancarkan gelombang magnetik yang sangat kuat, relatif aman, hanya saja paling mahal, tetapi hasilnya paling baik dan dapat mendeteksi kelainan jaringan lunak, misalnya pembuluh darah, kista, tumor, dsb-nya.
  • Peralatan penangkap gelombang, di mana peralatannya menangkap gelombang radioaktif yang dipancarkan bagian tubuh tertentu yang mengandung isotop radioaktif
    • SPECT, menggunakan isotop sinar gamma dosis sangat rendah yang relatif aman bagi tubuh di mana isotop tersebut dapat dipilih yang sesuai untuk kepentingan diagnosa dengan memperhatikan waktu paruhnya (maksimum dalam hitungan jam). SPECT sekarang ini telah ada yang menggunakan 2 atau 3 detektor sinar gamma, di mana waktu proses pencitraannya lebih singkat dengan resolusi yang lebih baik dan juga dapat mendeteksi fungsi organ pencitraan tersebut
  • Gabungan SPECT dengan CT Scan atau PET Scan, memaksimalkan penggunaan isotop dosis rendah yang aman dari SPECT dengan pencitraan yang bagus dari CT Scan atau PET Scan (yang digunakan hanya alat penangkap gelombang dari CT Scan atau PET Scan tersebut dan generator radioaktifnya dimatikan)

Efek Samping Pada Tubuh

  • Penurunan kadar sel darah merah.

Penurunan ini disebabkan oleh pancaran sinar x-ray pada tubuh secara langsung. Efek ini akan semakin terasa jika pasien terlalu sering terpapar oleh sinar x-ray. Penurunana sel darah merah ini sendiri akan berakibat pasien terkena penyakit anemia.

  • Iritasi kulit.

Bagian tubuh yang terkenal paparan sinar x ray akan lebih mudah terkena iritasi kulit. Hal ini karena beberapa efek yang akan terjadi adalah kulit akan memerah dan mengering kemudian akan menjadi gatal. Namun ada juga yang mengalami hal berbeda, kulit akan menjadi lebih lembab dan menjadikanya mudah mengalami lecet.

  • Gangguan pencernaan

Hal ini sangat sering ditemukan pada mereka yang menggunakan metode radiologi. Beberapa pasien terkadang mengalai gangguan pencernaan seperti mual dan semacamnya. Jika gejala itu muncul maka sebaiknya pasien untuk segera berkonsultasi dengan dokter akan cepat mendapatkan penanganan yang baik. Radiologi

  • Gangguan mulut

Gangguan mulut ini sendiri biasanay berupa gigi yang akan lebih cepat menjadi keropos. Sariawan yang mungkin bisa saja akan lebih sering muncul. Mulut yang akan selalu kering dikarenakan ludah yang lebih kental.

  • Penurunan produksi sperma
  • Gangguan menstruasi wanita

Judul Skripsi Radiologi

Disini contoh Judul Skripsi Radiologi

1. Evaluasi Klinis Dan Radiologis Kesembuhan Fraktur Tulang Tarsometatarsus Burung Merpati (columba Livia) Pasca Fiksasi Dengan Pin Intrameduler Dan Eksternal Fiksator. Radiologi
2. Pengaruh Paparan Radiografi Panoramik Digital Tipe Langung Terhadap Peningkatan Jumlah Mikronukleus Mukosa Gingiva Manusia (kajian Di Instalasi Radiologi Rsgm Ugm Prof. Soedomo).
3. Kesesuaian Penentuan Fitur Bentuk, Tepi Dan Orientasi Nodul Tiroid Jinak Dan Ganas Antara Pembacaan Ultrasonografi Oleh Dokter Spesialis Radiologi Dan Computer Aided Diagnosis (cad).
4. Kesesuaian Penentuan Fitur Komposisi, Ekogenisitas Dan Pola Vaskularisasi Nodul Tiroid Jinak Dan Ganas Antara Pembacaan Ultrasonografi Oleh Dokter Spesialis Radiologi Dan Computer Aided Diagnosis (cad)
5. Penilaian Radiologi Dari Effluent Pusat Sains Dan Teknologi Akselerator (psta) Ke Sistem Biota Dengan Erica Tool
6. Analisis Penghitungan Unit Cost Pada Instalasi Radiologi Rawat Jalan Menggunakan Metode Activity Based Costing
7. Hubungan Antara Tingkat Kepuasan Pasien Dengan Kualitas Komunikasi Pada Pelayanan Radiografi Kedokteran Gigi Kajian Di Satuan Medik Fungsional Radiologi Dentomaksilofasial Rsgm Prof. Soedomo Fkg Ugm
8. Pengukuran Validitas Konstrak Reliabilitas Konsistensi Internal Dan Kepraktisan Penerapan Script Concordance Test Dalam Menilai Kemampuan Interpretasi Citra Radiologi
9. Perbedaan Hasil Pengukuran Sefalometri Jaringan Keras Metode Down`s Antara Teknik Tracing Analog Dengan Digital (kajian Di Instalasi Radiologi Rsgm Prof. Soedomo Fkg Ugm)
10. Perlindungan Hukum Bagi Radiografer Non-pns Pada Instalasi Radiologi Di Rsup Dr. Sardjito Yogyakarta.