web site hit counter

Skripsi Rekayasa Perangkat Lunak

Skripsi Rekayasa Perangkat Lunak

Skripsi Rekayasa Perangkat Lunak Untuk para mahasiswa khususnya yang akan menyelesaikan studi di fakultas teknik informatika dan merencanakan atau sedang menyelesaikan skripsi sebagai prasyarat meraih Sarjana Teknik (S,KOM) dengan konsentrasi Rekayasa Perangkat Lunak.

Sejarah RPL

Istilah software engineering, pertama kali digunakan pada akhir tahun 1950-an dan sekitar awal 1960-an. Pada tahun 1968, NATO menyelenggarakan konferensi tentang software engineering di Jerman dan kemudian dilanjutkan pada tahun 1969. Meski penggunaan kata software engineering masukan konferensi tersebut menimbulkan debat tajam tentang aspek engineering dari pengembangan perangkat lunak, banyak pihak yang menganggap konferensi tersebutlah yang menjadi awal tumbuhnya profesi rekayasa perangkat lunak

Pengertian RPL

Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa InggrisSoftware Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

IEEE Computer Society mendefinisikan rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak

rekayasa perangkat lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.

kriteria yang dapat digunakan sebagai acuan dalam merekayasa perangkat lunak:

  1. dapat terus dirawat dan dipelihara (maintainability).
  2. dapat mengikuti perkembangan teknologi (dependability).
  3. dapat mengikuti keinginan pengguna(robust).
  4. efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya.
  5. dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan (usability).

Tujuan RPL

Secara umum tujuan RPL tidak berbeda dengan bidang rekayasa yang lain. Hal ini dapat kita lihat pada Gambar di bawah ini.

Judul Skripsi Rekayasa Perangkat Lunak
Judul Skripsi Rekayasa Perangkat Lunak

Dari Gambar di atas dapat diartikan bahwa bidang rekayasa akan selalu berusaha menghasilkan output yang kinerjanya tinggi, biaya rendah dan waktu penyelesaian yang tepat. Secara lebih khusus kita dapat menyatakan tujuan RPL adalah:

  • Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah.
  • Menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal dan tepat waktu.
  • Menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis platform.
  • Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatannya rendah.

Ruang Lingkup

Sesuai dengan definisi yang telah disampaikan sebelumnya, maka ruang lingkup RPL dapat digambarkan sebagai berikut:

Judul Skripsi Rekayasa Perangkat Lunak
Judul Skripsi Rekayasa Perangkat Lunak
  • Software Requirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak
  • Software Desain mencakup proses penampilan arsitektur, komponen, antar muka, dan karakteristik lain dari perangkat lunak
  • Software Construction berhubungan dengan detail pengembangan perangkat lunak, termasuk algoritma, pengkodean, pengujian dan pencarian kesalahan
  • Software Testing meliputi pengujian pada keseluruhan perilaku perangkat lunak
  • Software Maintenance mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telah dioperasikan
  • Software Configuration Management berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu
  • Software Engineering management berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL, termasuk perencanaan proyek perangkat lunak
  • Software Engineering Tools And Methods mencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan metode RPL
  • Software Engineering Process berhubungan dengan definisi, implementasi pengukuran, pengelolaan, perubahan dan perbaikan proses RPL
  • Software Quality menitik beratkan pada kualitas dan daur hidup perangkat lunak.

Skripsi Rekayasa Perangkat Lunak

  1. Pembangunan Aplikasi Perangkat Lunak Akuntansi Realisasi Anggaran Pemerintahan Daerah Tingkat 2.
  2. Implementasi Metrik pada Pengembangan Perangkat Lunak.
  3. Pemanfaatan Remote Acccess pada Jaringan Windows Berbasis Protokol TCP/IP untuk Pengendalian Manajemen Jaringan.
  4. Sistem Pengamanan Pintu Ruang menggunakan Kombinasi Password Jari dan Kartu, Memanfaatkan PPI8255 Modus 0 Didukung oleh Bahasa Pemrograman Delphi 5.0.
  5. Perancangan Program Aplikasi Robot untuk Mencari Objek Titik Api dengan Bahasa C.